Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Dengan Mudah, Terbaru 2020

Begini Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Dengan Mudah, Terbaru 2020

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan – Kini telah banyak para pekerja yang telah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan, bahkan hampir semua perusahaan mewajibkan para karyawannya agar mempunyai baik itu BPJS Ketenagakerjaan ataupun BPJS Kesehatan.

Bagi para pekerja yang telah terdaftar diwajibkan membayar iuran BPJS pada setiap bulannya, namun sebagian dari mereka masih bingung atau bahkan tidak tahu cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan. Untuk itulah disini mimin akan menjelaskan bagi sobat yang masih belum paham cara cek saldo BPJS baik via online ataupun SMS. Simak selengkapnya dibawah ini.

Apa Itu BPJS Ketenagakerjaan dan Fungsinya?

Sebelum kita membahas lebih lanjut baiknya sobat juga harus tahu nih apasih BPJS Ketenagakerjaan dan apa fungsinya bagi kita para pekerja yang telah terdaftar. Meskipun sudah banyak yang terdaftar mimin yakin pasti banyak sobat yang masih belum mengerti fungsi dari BPJS Ketenagakerjaa tersebut.

Baca Juga: Cara Membayar Iuran BPJS Lewat Internet Banking

Fungsi BPJS Ketenagakerjaan adalah untuk menjamin para pekerja atau karyawan yang terdaftar pada program ini, untuk mendapatkan pelayanan kesehatan serta santunan berupa uang tunai jika pekerja tersebut mengalami kecelakan atau menderita sebuah penyakit pada saat bekerja. Namun itu semua terhitung pada saat pekerja berangkat ataupun pulang kerja.

Sebenarnya banyak informasi yang harus diketahui oleh para pekerja yang telah terdaftar agar mengetahui fungsi dan segala macamnya agar nanti tidak salah kaprah atau kebingungan saat menggunakan kartu BPJS Ketenagakerjaan. Untuk itulah silahkan sobat cari tahu supaya semakin paham tentang kegunaan BPJS Ketenagakerjaan.

Cara Cek Saldo BPJS Agar Tahu Dana yang Sudah Terkumpul

Setiap iuran yang kita bayar atau setorkan pada program BPJS Ketenagakerjaan selama kita bekerja, semua itu akan dapat terkumpul dan suatu saat nanti kita bisa mencairkannya atau bisa diambil dengan bentuk uang. Untuk itu kita langsung saja simak tutorial 4 cara cek BPJS Ketenagakerjaan.

1. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Cara yang satu ini adalah yang sering sekali orang lakukan, yaitu tinggal mengunjungi situs website resmi BPJS Ketenagakerjaan sobat bisa tahu saldo yang sudah terkumpul dari awal iuran hingga sekarang. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama silahkan sobat buka bowser dan kunjungi website BPJS.
  2. Kemudian pilih menu Layanan Peserta lalu klik MASUK pada layanan tersebut.
  3. Akan muncul pop up, silahkan sobat pilih BPJSTKU.
  4. Jika belum mempunyai akun silahkan buat akun terlebih dahulu dengan meng-klik daftar pengguna.
  5. Jika sudah mempunyai akun sobat langsung saja login. Jika sudah masuk maka sobat akan dapat melihat saldo BPJS Ketenagakerjaan yang sudah terkumpul.

2. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat SMS

Cara mudah yang kedua yaitu dengan layanan via SMS, jadi buat yang tidak bisa browsing bisa menggunakan cara ini. Langsung saja caranya sebagai berikut:

  1. Pertama daftarkan terlebih dahulu supaya bisa menggunakan layanan SMS. Untuk format SMS-nya seperti ini: DAFTAR<spasi>SALDO#No KTP#Tanggal Lahir#No Peserta#Email (jika ada). Contoh: DAFTAR SALDO#234xxxx#30-12-1992#002#email anda (jika ada). Lalu kirim SMS ke 2725.
  2. Setelah terdaftar sekarang sobat bisa cek saldo via SMS dengan format: SALDO<spasi>No Peserta kirim ke 2757.

3. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Dengan Aplikasi BPJSTKU

Cara yang ketiga ini lebih peraktis lagi sob, yaitu menggunakan aplikasi BPJSTKU. Aplikasi ini bisa sobat dapatkan di Google Play Store bagi pengguna Android, untuk pengguna smartphone dengan sistem iOS bisa unduh di App Store. Untuk caranya sebagai berikut:

  1. Pertama sobat install BPJSTKU pada perangkat yang sobat gunakan.
  2. Buka aplikasi dan login menggunakan akun sobat, jika belum punya sobat bisa membuatnya terlebih dahulu. Sobat juga bisa login langsung menggunakan email.
  3. Saat menggunakan email nanti sobat akan dikirimi kode untuk verifikasi akun.
  4. Langkah selanjutnya sobat tinggal memasukan  PIN Aktivasi email, PIN masuk akun, masukan nama sesuai KTP, tanggal lahir, No KTP, No KJP atau BPJS Ketenagakerjaan, No Hp.
  5. Jika semua sudah selesai maka sobat sudah bisa menggunakan aplikasi BPJSTKU dan bisa menggunakan fitur cek saldo.

4. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Langsung Ke Kantor BPJS

Jika memang rumah sobat dekat dengan tempat kantor BPJS Ketenagakerjaan maka bisa datangin langsung untuk cek saldo yang sudah terkumpul. Sobat tinggal datang ke petugas sambil tunjukan kartu BPJS Ketenagakerjaan lalu minta tolong untuk cek saldonya.

Cara ini memang sangat jarang dilakukan orang karena sobat harus datangi langsung kantornya, apa lagi jika tempatnya jauh. Oleh karena itulah kebanyakan orang lebih memilih yang lebih praktis dan mudah yaitu dengan tiga cara diatas.

Kapan Bisa Mencairkan Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan?

Untuk mencairkan saldo BPJS Ketenagakerjaan yang sudah terkumpul, yaitu ketika sobat sudah resign atau terkena PHK oleh perusahaan tempat sobat bekerja. Dari informasi yang mimin dapat yaitu dana atau saldo bisa 100% diambil setelah menunggu 1 bulan tanpa harus menunggu usia 56 tahun atau menunggu terjadinya kecelakaan hingga cacat atau meninggal dunia.

Baca Juga:

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan mudah menggunakan Hp ataupun Laptop. Gunakan semaksimal mungkin setelah saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan sudah bisa dicairkan ya sob.

You May Also Like

About the Author: Pahlawan Bertopeng

Hanya seorang penulis yang masih amatiran, namun saya akan berusaha terus untuk menjadi lebih baik lagi. Dan semoga dengan apa yang saya tulis dapat bermanfaat bagi para pembaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!