Cara Menggunakan Aplikasi Raqib Atid / Muhasabah untuk Catat Dosa dan Pahala

Cara Menggunakan Aplikasi Raqib Atid / Muhasabah untuk Catat Dosa dan Pahala

Cara Menggunakan Aplikasi Raqib Atid / Muhasabah – Para netizen Indonesia kini sedang di hebohkan oleh salah satu aplikasi dari developer Mahmud Fauzi dengan nama aplikasinya yaitu Raqib Atid / Muhasabah. Pasalnya aplikasi ini bisa digunakan untuk mencatat amal baik dan buruk yang kita lakukan sehari-hari.

Aplikasi Android ini terinspirasi dari malaikat pencatat amal baik dan buruk yaitu Raqib dan Atid. Namun jika kini sobat lihat di Google Play Store, aplikasi Raqib Atid ini sudah berganti nama menjadi Muhasabah. Mungkin ini dikarena namanya dan juga fungsinya yang menurut netizen agak kontroversi.

Namun sebenarnya maksud dari di ciptakannya aplikasi ini adalah untuk kita bisa introfeksi diri dan bisa menjadi pribadi yang lebih baik akan hal yang sudah kita lakukan pada hari ini dan sebelumnya. Dengan catatan baik amal dan dosa yang sudah kita lakukan terutama adalah dosa yang masih kita sering lakukan, ketika melihat catatan ini bisa menjadi renungan.

Aplikasi Raqib Atid Berganti Nama Menjadi Muhasabah

Seperti yang sudah mimin terangkan diatas bahwa aplikasi Raqib Atid sudah berganti nama menjadi Muhasabah. Ya mungkin hal ini dipicu karena banyak netizen yang salah mengartikan, selain itu banyak juga pengguna lain yang mendukung yang juga menyarankan kepada pengembang untuk merubah nama dari aplikasi tersebut.

Download Aplikasi Raqib Atid / Muhasabah di Android

Banyak orang yang mengira bahwa aplikasi Raqib Atid telah menghilang dari Google Play Store, namun pada kenyataannya aplikasi ini hanya berganti nama menjadi Muhasabah. Nah bagi sobat yang ingin mendownload dan menggunakan aplikasi ini bisa mencarinya di layanan Google Play Store. Sobat cara saja di pencarian dengan kata kunci Raqib Atid, maka yang akan muncul adalah aplikasi Muhasabah dengan nama developer Mahmud Fauzi.

Cara Menggunakan Aplikasi Raqib Atid / Muhasabah di Android

Sengaja mimin beri judul cara menggunakan aplikasi Raqib Atid / Muhasabah karena masih banyak orang yang mencarinya dengan nama tersebut. Jadi bagi sobat yang ingin tahu jelas dengan aplikasi yang sedang trend ini bisa dengan mudah menemukannya.

Dengan menggunakan aplikasi ini kita bisa mengambil sisi positifnya yaitu menjadi bahan introfeksi diri dan juga bisa menjadi pengingat agar kita selalu menjadi orang yang lebih baik lagi, ya meskipun kita juga tidak tahu apakah hal yang kita lakukan baik atau tidak. Tapi tidak ada salahnya kalau kita mencobanya sob, kita ambil saja sisi baiknya dan buang sisi buruknya.

Baiklah sobat bagi yang ingin mencoba aplikasi catatan amal baik dan amal buruk ini silahkan simak tutorial yang akan mimin jelaskan dibawah ini:

  1. Pertama silahkan sobat terlebih dahulu install aplikasi Raqib Atid / Muhasabah dari Google Play Store.
  2. Pada halaman pertama akan terdapat dua menu yakni DOSA dan PAHALA.
  3. Pada menu DOSA ini sobat bisa mencatat dosa yang sudah sobat lakukan. Berikan pengakuan dosa sesuai jenis seperti bantah orang tua, ghibah, ngomong kotor, mencuri, dan lainnya.
  4. Selain kategori yang sudah ada, sobat juga bisa menambah kategori dosa yang belum tercantum dengan mengklik TAMBAH JENIS DOSA.
  5. Untuk menu kedua yaitu PAHALA. Disini sobat bisa mencatat amal baik yang telah sobat lakukan seperti zikir, sholat, sedekah, bantu orang dan lainnya.
  6. Setelah pengakuan kemudian sobat catat DOSA maupun PAHALA dengan mengklik ikon + lalu masukan jumlahnya.
  7. Dari semua dosa dan juga pahala yang sudah tercatat nantinya akan dihitung dan disajikan oleh aplikasi berupa lingkaran grafik.

Dengan hasil yang sudah sobat lakukan ini bisa menjadi bahan pertimbangan apakah dosa yang sobat lakukan lebih besar di bandingkan pahala ataupun sebaliknya. Namun ini juga membutuhkan kejujuran dari diri sendiri ya sob supaya bisa menjadi lebih baik lagi.

Akhir Kata

Baiklah sobat, mungkin sekian dulu untuk ulasan kali ini terkait cara menggunakan aplikasi pencatat amal baik dan buruk Raqib Atid / Muhasabah. Semoga dengan apa yang sudah dijelaskan dapat bermanfaat untuk sobat pembaca dan kita semua. Terimakasih sudah berkunjung dan sampai jumpa lagi pada ulasan berikunya.

You May Also Like

About the Author: Pahlawan Bertopeng

Hanya seorang penulis yang masih amatiran, namun saya akan berusaha terus untuk menjadi lebih baik lagi. Dan semoga dengan apa yang saya tulis dapat bermanfaat bagi para pembaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!