Cara Cek IMEI HP Anda, Terdaftar atau Tidak di Kemenperin.go.id

Cara Cek IMEI HP Anda, Terdaftar atau Tidak di Kemenperin.go.id

Cara Cek Nomor IMEI HP – Hallo sobat Mikirtekno.com dimanapun sobat berada. Belum lama ini mimin mendapatkan SMS dari Kominfo bahwa IMEI perangkat yang anda gunakan telah terdaftar pada sistem kami. Ini artinya Hp yang mimin gunakan resmi bukan barang Black Market BM.

Apakah IMEI Hp yang sobat gunakan terdaftar atau tidak? Seperti yang sudah dijelaskan bahwa jika IMEI Hp yang sobat gunakan itu terdaftar maka sobat akan mendapatkan SMS dari Kominfo. Namun jika masih belum mendapatkan pemberitahuan sobat bisa mengeceknya sendiri. Bagaimana caranya, simak terus ulasannya sampai selesai.

Regulasi tentang pembatasan IMEI sudah berlaku sejak 18 April 2020, dan aturan mengenai masalah IMEI-pun sudah disahkan dari tanggal 18 Oktober 2019 yang lalu. Peraturan ini disahkan oleh 3 kementrian yakni Kominfo, Perindutrian, dan Perdagangan. Aturan yang telah dibuat bertujuan untuk memerangi handphone yang di jual secara ilegal atau blackmarket yang tidak terkena pajak.

Apa yang Terjadi Jika IMEI HP Tidak Terdaftar?

Bagi sobat yang mendapatkan hp dengan harga jual yang lebih murah, maka sobat perlu cek IMEI apakah terdaftar atau tidak. Karena jika sampai tidak terdaftar maka akan terblokir, namun ini bagi mereka yang menggunakan hp ilegal pada saat peraturan tentang IMEI sudah di terapkan. Jadi bagi sobat pengguna hp hasil BM sebelum di tetapkan aturan ini, maka tidak perlu khawatir.

Bagi mereka yang menggunakan hp ilegal dan IMEI tidak terdaftar setelah aturan ini berlaku, maka jaringan ponsel akan secara otomatis di blokir oleh operator seluler. Dan jika itu sudah terjadi, hp sobat hanya bisa digunakan untuk berfoto saja. Bisa digunakan secara normal namun harus berada di negara yang belum ada peraturan tentang IMEI atau negara yang menghasilkan produk itu sendiri.

Cara Cek IMEI HP Apakah Terdaftar di Database Kemenperin?

Aturan yang dibuat oleh pemerintah ini agar bisa memberantas distributor ilegal yang menjual hp dengan harga yang murah sekali, dan itu disebabkan karena mereka tidak membayar pajak. Dengan adanya aturan tentang IMEI maka hp yang kita gunakan dapat di pertanggung jawabkan.

Lalu bagaimana kita bisa mengetahui bahwa IMEI hp yang akan kita beli sudah terdaftar pada Kemenperin. Caranya sangatlah mudah, karena Kemenperin selaku yang membuat kebijakan tersebut telah membuat situs web resmi khusus bagi sobat yang ingin cek nomor IMEI di Kemenperin.go.id. Untuk cara ceknya ikuti tutorial dibawah ini:

  1. Pertama silahkan sobat kunjungi laman web kemenperin.go.id.
  2. Kemudian masukan 14 sampai 16 nomor IMEI Hp yang sobat gunakan.
  3. Bagi yang tidak tahu nomor IMEI Hp bisa ketikan kode *#06# pada layanan telepon.
  4. Selain menggunakan kode dial, sobat bisa cek nomor IMEI pada kardus atau stiker yang menempel di belakang Hp.
  5. Jika sudah, selanjutnya sobat klik Search untuk memulai pencarian pada halaman kemenperin.
  6. Akan muncul pemberitahuan hasil dari pencarian tadi. Silahkan sobat lihat apakah IMEI Hp sobat terdaftar atau tidak.

Bagaimana sobat, mudah bukan! Jadi sekarang ketika sobat hendak membeli hp yang diinginkan, sobat bisa cek terlebih dahulu nomor IMEI pada Hp tersebut, apakah sudah terdaftar atau belum. Jika tidak terdaftar maka jangan dibeli ya sob, karena percuma tidak akan bisa digunakan.

Demikianlah cara cek nomor IMEI Hp, apakah sudah terdaftar atau belum di Kemenperin. Semoga dengan informasi ini dapat membantu dan berguna untuk sobat semua yang sudah berkunjung pada artikel ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, terimakasih.

You May Also Like

About the Author: Pahlawan Bertopeng

Hanya seorang penulis yang masih amatiran, namun saya akan berusaha terus untuk menjadi lebih baik lagi. Dan semoga dengan apa yang saya tulis dapat bermanfaat bagi para pembaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!