Cara Cepat Mengatasi HP Android yang Lemot Terbaru 100% Ampuh

Cara Cepat Mengatasi HP Android yang Lemot Terbaru 100% Ampuh

Cara Cepat Mengatasi HP Android yang Lemot – Hp Android sobat lemot saat digunakan, tentunya sangat mengganggu sekali, karena dapat menghambat kegiatan dalam penggunaanya. Apa lagi jika sobat orang yang sangat sibuk, maka keadaan seperti ini akan sangat menjengkelkan.

Lemotnya sebuah Hp Android memang banyak di pengaruhi berbagai hal, dan semua itu terkadang tanpa kita sadari. Jika terus dibiarkan tentunya kita sebagai pengguna akan semakin terganggu dan kegiatan akan semakin terhambat.

Banyak orang yang akhirnya menggunakan smartphone dengan spesifikasi tinggi seperti RAM yang besar untuk menghindari agar Hp tidak gampang lelet atau lemot. Namun nyatanya tidak sepenuhnya yang membuat hp Android kita lemot itu dari ruang penyimpanan. Ada juga yang di sebabkan oleh hal lain.

Nah, buat sobat yang sedang mengalami Hp Android yang digunakan sangat lelet atau lemot jangan khawatir sob, karena disini mimin akan memberikan tip untuk cara mengatasi Hp atau ponsel Android lemot. Namun sebelum itu sobat juga harus tahu apa penyebab yang membuat semua itu terjadi.

Faktor Penyebab Hp Android Menjadi Lemot

Banyak faktor yang mempengaruhi Hp Android sobat tiba-tiba menjadi lemot, mulai dari internal hingga eksternal. Semua itu memang terkadang tidak terlalu menjadi perhatian para penggunanya, sehingga jika tidak segera dilakukan tindakan akan semakin parah dan kegiatan berkomunikasipun ikut terganggu. Berikut penyebab yang membuat Hp Android menjadi lemot.

  • Faktor usia pemakaian Android
  • Penggunaan yang berlebihan
  • Terlalu banyak aplikasi berjalan
  • Ruang penyimpanan yang penuh
  • Error pada sistem
  • Faktor eksternal
  • DLL

Cara Mengatasi HP Android yang Lemot

Banyak pengguna Android yang memang tidak memperhatikan dalam artian tidak mau merawat dengan baik. Jadi cuman asal gunakan lalu tidak memikirkan dampak yang nantinya akan ditimbulkan kedepannya. Dibawah ini mimin akan memberikan tips merawat sekaligus menangani Hp Android yang lemot.

1. Gunakan Aplikasi Seperlunya

Dijaman sekarang memang sudah banyak sekali aplikasi keren bermunculan mulai dari media sosial, game atau yang lainnya. Hal ini membuat banyak pengguna Android yang tertarik dan memasangnya di perangkat. Namun sobat juga harus ingat spesifikasi yang kita miliki apakah mendukung apa tidak dan perlu atau tidak.

Jika aplikasi tersebut tidak terlalu dibutuhkan sebaiknya jangan di install, dan misalkan sudah di download baiknya di uninstall lagi. karena kebanyakan aplikasi juga dapat membuat Hp Android kita menjadi lemot karena akan memenuhi ruang penyimpanan yang diakibatkan banyak aplikasi yang berjalan.

2. Matikan Aplikasi yang Berjalan Otomatis Saat Tidak Digunakan

Aplikasi yang berjalan secara otmatis pada saat tidak digunakan dapat membuat ruang penyimpanan menjadi penuh, dan itu dapat menyebab Hp Android menjadi lemot. Jadi jika di Hp sobat terdapat aplikasi yang seperti itu, sebaiknya matikan atau disable supaya tidak berjalan, apa lagi jika aplikasi tersebut tidaklah terlalu penting.

Cara disable aplikasi caranya sangat mudah, sobat bisa pergi ke Pengaturan > Aplikasi Terinstall > pilih aplikasi yang ingin disable > klik aplikasi tersebut dan aktifkan disable. Dengan begitu aplikasi tersbut sudah tidak akan berjalan lagi. Sobat juga bisa cek aplikasi bloatwer atau aplikasi bawaan pabrik yang tidak terlalu penting.

3. Aplikasi AntiVirus, Tidak Terlalu Diperlukan

Seperti yang kita tahu, Hp Android dijaman sekarang sudah dilengkapi fitur untuk menangani virus. Jadi tidak terlalu penting juga kita kembali untuk menginstall aplikasi antivirus. Karena biasanya aplikasi antiviru selalu berjalan dengan otomatis, sehingga dapat memenuhi penyimpanan Hp, dan ini akan menyebaban lemot.

4. Perlunya Update Sistem Android dan Aplikasi

Pada setiap pembaruan atau update selalu ada peningkatan dari sebelumnya, dan hal itu sangat baik untuk sistem Android yang sobat gunakan. Karena pada setiap update sistem dan keamanan akan ada peningkatan yang lebih dari sebelumnya. Jadi lakukan update atau pembaruan baik pada sistem Android maupun aplikasi yang digunakan.

Supaya praktis sobat bisa setel dengan otomatis pada pembaruan, dengan begitu Hp Android sobat akan selalu udate secara otomatis jika terdapat pembaruan. Dengan begitu sobat tidak akan ketinggalan update lagi.

5. Kurangi Widget yang Tidak Perlu

Tampilan widget memang dapat membuat indah dan bagus untuk dipandang, selain itu juga widget dapat membantu memantau aplikasi tanpa perlu sobat membukanya. Akan tetapi widget juga bisa dibilang memaksa aplikasi pada hp sobat untuk berjalan secara bersamaan dengan aplikasi lainnya.

Dan hal ini tentunya dapat memenuhi penggunaan kapasitas penyimpanan RAM pada Hp Android, dampaknya akan membuat lemot. Untuk mencegahnya sobat gunakan widget yang diperlukan saja seperti jam dan tanggalan.

6. Bersihkan Ruang penyimpanan

Membersihkan ruang penyimpanan sangatlah dibutuhkan supaya tidak terlalu banyak file yang tidak perlu menumpuk, seperti pada cache yang ada di sistem maupun di aplikasi. Dengan pembersihan ini akan dapat membuat ruangan penyimpanan di Hp Android menjadi berkurang dan membuat ringan pada saat digunakan.

Untuk cara pembersihan cache sobat bisa pergi ke menu pengaturan dan pilih penyimpanan. Sobat bisa pilih di fitur pembersih dan pilih cache. Dengan begitu file yang tersimpan di cache akan terhapus.

7. Lakukan Refresh

Jika memang Hp Android yang sobat gunakan sudah merasa tidak nyaman digunakan karena sudah mulai lemot, sobat bisa melakukan refresh pada perangkat. Hal ini dapat memulihkan kembali kinerja sistem yang mungkin sudah terlalu berat akibat penggunaan yang terus menerus.

Cara untuk merefresh sobat bisa matikan atau off hp untuk beberapa saat. Bila perlu copot baterai jika memang buka menggunakan baterai tanam. Setelah itu silahkan sobat nyalakan (on) kembali Hp Android yang sobat gunakan.

8. Factory Reset

Cara ini dilakukan jika memang Hp Android sudah sangat parah dan cara diatas sudah tidak dapat berpengaruh lagi. Factory Reset atau kembali kesetelan pabrik, cara ini dapat menghapus semua data-data yang sudah tersimpan di Hp Android sobat dan akan kembali seperti pada saat sobat pertama membeli Hp tersebut.

Supaya data penting tidak hilang, sobat bisa melakukan backup terlebih dahulu. Setelah semua terbackup kemudian sobat bisa melakukan Factory Reset dengan aman tanpa perlu khawatir data-data penting hilang.

Jika dirasa cara-cara diatas tidak dapat membantu atau Hp Android sobat tetap lemot kemungkinan terjadi kerusakan pada eksternal atau hardware seperti karena habis jatuh, terkena air dan lainnya. Untuk penanganan lebih lanjut sobat bisa membawanya ke Service Center.

Kesimpulannya adalah, perlunya perawatan yang baik dan benar. Karena sebesar apapun spesifikasi yang Hp Android sobat miliki, jika penggunaannya tidak di perhatikan dan asal pakai, maka lambat laun akan mengakibatkan kinerja Hp menjadi lemot. Jadi sebelum terjadi sobat bisa ikuti tips diatas yang telah mimin bagikan untuk sobat.

You May Also Like

About the Author: Pahlawan Bertopeng

Hanya seorang penulis yang masih amatiran, namun saya akan berusaha terus untuk menjadi lebih baik lagi. Dan semoga dengan apa yang saya tulis dapat bermanfaat bagi para pembaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!