Aplikasi KAI Access – Panduan Booking Tiket Kereta Api Online

Aplikasi KAI Access - Panduan Booking Tiket Kereta Api Online

Panduan Aplikasi KAI Access – Hallo sobat Traveling selamat datang di situs Mikirtekno.com, dimana pada kesempatan kali ini mimin akan membahas aplikasi yang wajib sobat miliki untuk mempermudah pada saat ingin melakukan perjalanan kemanapun sobat pergi, yaitu Aplikasi KAI Access.

KAI Access merupakan sebuah aplikasi resmi yang telah diluncurkan oleh pihak PT KAI Indonesia untuk dapat mempermudah para pengguna jasa transportasi umum Kereta Api Indonesia dalam melakukan Booking Tiket secara online di platform Android maupun iOS. Tentunya ini merupakan suatu kemajuan yang harus didukung ya sob.

Dengan adanya layanan online untuk dapat booking atau memesan tiket kereta api, diharapkan para pengguna jasa trnasportasi umum ini akan dapat lebih praktis dan mempermudah dari sebelumnya. Yah, walaupun dari awal pesan tiket secara langsung juga tidak ribet ya sob, akan tetapi dengan adanya aplikasi KAI Access kita bisa menghemat tenaga dan waktu.

Dibanding dengan membeli langsung ke Stasiun yang memerlukan waktu perjalanan, mengantri kepanasan, tentunya aplikasi ini akan membuat semuanya menjadi lebih mudah. Karena cukup dengan duduk manis dan sambil minum kopi, sobat bisa melakukan booking tiket kereta api secara online lewat Aplikasi KAI Access.

Panduan Cara Menggunakan Aplikasi KAI Access

1. Cara Daftar / Membuat Akun KAI Access

Pembaruan atau update yang terus dilakukan demi kenyamanan pengguna yang selama ini masih terus dilakukan oleh pihak developer. Dan kini tampilan Aplikasi KAI Access telah berubah dan menjadi lebih sederhana. Akan tetapi untuk cara pendaftaran atau membuat akun baru masih tetap mudah sob. Berikut adalah cara untuk membuat akun KAI Access.

  1. Jika sudah memiliki aplikasi KAI Access langsung saja buka sob. Jika belum silahkan download di Google Play Store.
  2. Pada halaman pertama atau halaman depan, sobat klik Akun yang ada di sebelah kanan bawah.
  3. Kemudian sobat klik Register dan masukan nomor ponsel yang aktif beserta Password. Buatlah password dengan kombinasi huruf dan juga angka.
  4. Jangan lupa lengkapi semua biodata sobat dengan benar dan lengkap.
  5. Jika sudah silahkan sobat lakukan Verifikasi dengan memasukan kode Aktivasi yang telah dikirim ke nomor Hp yang telah di daftarkan tadi.
  6. Kini akun sudah jadi.

Cepat dan mudah sekali. Sekarang akun sudah jadi dan sobat tinggal menggunakannya untuk dapat membooking tiket Kereta Api secara online menggunakan KAI Access di Hp sobat. Untuk yang lainnya seperti fitur, bisa sobat coba sendiri. Namun jika sobat masih bingung dalam memesan tiket, mimin akan menjabarkannya dibawah ini.

2. Cara Booking / Pesan Tiket Kereta Api di KAI Access

Dengan tampilan yang sederhana kini penggunaan aplikasi KAI Access semakin mudah dan cepat. Salah satunya dalam cara memesan tiket kereta api ini. Berikut langkah-langkah dalam memesan tiket.

  1. Silahkan sobat pilih menu KA Antar Kota jika ingin keluar kota, dan pilih KA Lokal jika masih diwilayah sekitar.
  2. Disini kita akan mencoba keluar kota yaitu KA Antar Kota. Jika sudah di klik akan muncul sebuah foam yang harus sobat isi seperti: Stasiun Awal (Bekasi) / Stasiun Tujuan (Surabaya Pasar Turi). Lalu isi Tanggal Berangkat, Kelas dan Jumlah Penumpang. Jika sudah klik CARI TIKET.
  3. Setelah itu akan muncul informasi jadwal Keberangkatan lengkap dengan Nama Kereta, Waktu Keberangkatan dan Harga. Silahkan sobat pilih jadwal yang tersedia sesuai keinginan.
  4. Tahap berikutnya lakukan konfirmasi. Akan tertulis akun sobat sebagai penumpang, dan jika sobat ingin memesan untuk orang lain atau keluarga, sobat hanya perlu memasukan atau mengisi data pada penumpang dan maksimal hanya 4 penumpang saja.
  5. Konfirmasi pemesanan akan dikirim ke akun sobat.
    Setelah semua terisi dengan baik dan benar, kini kita akan menuju ke cara untuk memilih Seat atau tempat duduk pada gerbong. Kita lanjut kebawah ya sob.

3. Cara Memilih Tempat Duduk / Kursi

Sebenarnya untuk kursi sendiri akan secara otomatis dipilih oleh sistem, namun sobat juga bisa menggantinya sesuai keinginan. Yah siapa tahu sobat ingin mencari tempat di posisi yang menurut sobat lebih nyaman. Akan tetapi pemilihan kursi ini bisa dilakukan jika masih ada tempat yang kosong ya sob.

  1. Klik Pilih Kursi kemudian akan tampil gambar urutan kursi yang bisa sobat pilih. Pada gambar tersebut akan akan terlihat berwarna, orange menandakan kursi telah di tempati, dan kursi yang berwarna biru merupakan kursi yang saat ini sobat tempati.
  2. Yang menandakan kursi kosong ialah yang berwarna abu-abu. Silahkan sobat cari, misalkan dalam gerbong tersebut sudah penuh, sobat bisa mencarinya di gerbong lain.
  3. Jika sudah ketemu kursi yang kosong klik pada kursi tersebut sampai menjadi warna biru.
  4. Selanjutnya sobat simpan dan klik Next.

Yang perlu sobat tahu, walau kita bisa memilih tempat kursi yang kita inginkan, namun disini kita tidak dapat mengetahui posisi atau arah kereta.

4. Cara Pembayaran Tiket yang Sudah Kita Booking

Saat semuanya sudah selesai dan tidak ada perubahan lagi, maka tahap terakhir yaitu pembayaran tiket yang sudah kita booking. Dalam pembayarannya terdapat beberapa metode dalam aplikasi KAI Access yang bisa sobat gunakan. Ok kita langsung saja cara untuk pembayarannya sebagi berikut.

1. Minimarket: Kini sudah banyak minimarket yang terdapat di kota-kota kecil bahkan di perkampungan seperti Indomart, Alfamart dan yang lainnya sehingga akan menjadi lebih mudah lagi. Caranya silahkan sobat datangi minimarket terdekat yang sudah bekerja sama atau yang tertera dalam aplikasi KAI Access.

Masuk dan langsung menuju ke kasir pembayaran. Katakan pada kasir bahwa sobat ingin meakukan pembayaran Tiket Kereta Api yang sudah di pesan lewat aplikasi KAI Access. Berikan kode pembayaran dan bayar sesuai dengan yang tertera.

2. ATM: Cara ini akan lebih memudahkan buat sobat yang tidak ingin keluar rumah, cukup dengan transer dan semua beres. Pada menu pembayaran silahkan sobat pilih Metode Pembayaran ATM, dan setelah itu akan muncul langkah-langkah yang harus sobat ikuti mulai dari pemilihan Bank yang digunakan dan sampai ke tahap transfer.

Jika sudah selesai melakukan pembayaran dan berhasil, sobat tinggal melihat hasil pemesannya di History. Disitu akan tertera tiket yang telah sobat pesan atau booking.

5. Cetak Tiket atau Menggunakan e-boarding pass

Nah, buat sobat pemula yang baru pertama kali menggunakan Jasa Transportasi Umum Kereta Api, setelah berhasil memesan tiket online, yang perlu sobat lakukan berikutnya yaitu mencetak tiket di Mesin Cetak Tiket Mandiri yang berada di stasiun sebelum keberangkatan.

Dari jauh-jauh hari setelah memesan tiket juga bisa langsung cetak tiket ya sob, tapi biar gak bolak balik mending cetak tiket pas sebelum keberangkatan pada saat hari H. Jika sudah berada di stasiun sobat bisa langsung menuju ke mesin Cetak Tiket Mandiri lalu scan barcode yang di dapat dari aplikasi KAI Access dan secara otomatis tiket akan keluar, ambil dan bawa untuk di tunjukan ke petugas.

Selain itu sobat juga bisa mengunakan e-boarding pass, jadi tidak perlu lagi melakukan pencetakan pada mesin tiket. Cukup tunjukan e-boarding pass yang berada di aplikasi KAI Access kepada petugas saat memasuki pengecekan tiket. Ini sangat mudah dan dapat mengirit penggunaan kertas hehe.

Bagaimana sobat, mudah sekali bukan!
Pesan tiket Kereta Api online kini menjadi lebih mudah dengan adanya aplikasi KAI Access. Dan sekarang kita tidak perlu lagi mendatangi stasiun dan mengantri untuk membeli tiket. Semuanya sudah dapat sobat lakukan di aplikasi KAI Access secara mudah dan cepat. Dan yang terpenting kita bisa menghindari calo tiket.

Akhir Kata

Dengan adanya panduan tentang menggunakan Aplikasi KAI Access yang sudah mimin jelaskan diatas, semoga dapat membantu sobat-sobat yang ingin berpergian keluar kota menggunakan Kereta Api Indonesia dengan cara memesan tiket online. Terimakasih bagi sobat yang telah berkunjung ke Mikirtekno.com, selamat mencoba dan sampai jumpa kembali.

You May Also Like

About the Author: Pahlawan Bertopeng

Hanya seorang penulis yang masih amatiran, namun saya akan berusaha terus untuk menjadi lebih baik lagi. Dan semoga dengan apa yang saya tulis dapat bermanfaat bagi para pembaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!