8 Cara Menghapus Virus Trojan dan Pencegahannya di Android Terbaru

Cara Menghapus Virus Trojan dan Pencegahannya di Android Terbaru

8 Cara Menghapus Virus Trojan dan Pencegahannya di Android Terbaru – Tidak hanya komputer atau PC saja, platform Android juga sangat rentan terhadap serangan virus yang berhanya, yang nantinya akan sangat berpengaruh terhadap kinerja perangkat tersebut.

Darimana asal virus tersebut? Virus berasal dari penggunaan internet sobat, baik saat membuka situs web ataupun yang lainnya. Untuk itu perlunya untuk hati-hati dalam melakukan kegiatan ber-internetan atau membuka situs yang sekiranya banyak mengandung malware. Karena akan perangkat yang sobat gunakan akan rentan terkena virus.

Tidak hanya membuat lemah sistem perangkat, virus juga akan dapat mencuri data-data yang ada. Yah, ini akan menyebabkan kerugian bagi pengguna yang terkena virus.

Apa Itu Virus Trojan?

Virus Trojan merupakan virus yang sering orang alami (terserang). Trojan sendiri berasal dari nama Kuda Troya yang merujuk pada penamaan bangsa Yunani. Dalam kisah Yunani, patung kuda troya ini merupakan sebuah umpan yang didalamnya terdapat tentara elit yunani yang tidak diketahui para musuh.

Saat musuh mengambil patung tersebut dan menyimpannya didalam istana. Pada saat itulah rencana tersbut berhasil, dan pada tengah malam pasukan elit yunani keluar dari patung dan menyerang kedalam istana musuh dengan mudah.

Gambaran perang tersebut sangat mirip dengan Virus Trojan ini. Jadi saat pengguna mengira itu adalah software biasa, namun ternyata didalamnya terdapat sebuah virus yang akan menyerang perangkat yang kita gunakan.

Cara Menghapus Virus Trojan Pada Perangkat Android

Nah buat sobat yang mungkin perangkatnya sudah terkena virus trojan, maka untuk segera melakukan tindakan untuk segera menghapus atau menghilangkannya, supaya perangkat Android sobat tidak semakin parah.

Karena jika tidak segera ditangani, akan menyebabkan kehilangan data tersimpan dan juga kerusakan pada pernagkat Android yang sobat gunakan. Dan berikut ini adalah beberapa cara untuk membersihkan perangkat Android dari virus trojan.

1. Bersihkan Cache Pada Aplikasi

Cache juga dapat menjadi sarang virus, karena pada setiap penggunaan seperti aplikasi Browser untuk membuka situs yang mengandung virus, akan tersimpan pada cache ini. Jadi cara menghapus virus trojan bisa kita awali dengan menghapus data sementara pada cache aplikasi yang kita gunakan untuk browsing.

Cara Membersikan Cache Pada semua Aplikasi

  1. Buka Setelan hp lalu pilih Penyimpanan.
  2. Kemudian pilih Pembersih.
  3. Dengan demikian segala data yang tidak terpakai seperti cache dan lainnya akan terhapus.
    Cara Membersihkan Cache Pada Satu Aplikasi
  4. Buka Setelan lalu pilih Aplikasi Terinstall.
  5. Kemudian pilih aplikasi Browser atau Google Crome.
  6. Klik Hapus Cache.

2. Gunakan Aplikasi Antivirus Stubborn Trojan Killer

Menghapus cache merupakan cara sederhana untuk menghapus virus trojan. Namun apa bila virus trojan terlalu kuat, menghapus cache mungkin tidak dapat berpengaruh. Oleh karena itu sobat perlu menggunakan aplikasi antivirus seperti Stubborn Trojan Killer untuk menghadapi atau menghapus virus trojan.

Cara Menggunakan Aplikasi Antivirus Stubborn Trojan Killer

  1. Silahkan sobat unduh aplikasi Stubborn Trojan Killer di Google Play Store.
  2. Jika sudah terinstall langsung saja buka aplikasnya.
  3. Pilih tombol Scan untuk memulai scanning virus trojan.
  4. Tunggu beberapa saat sampai proses scanning selesai.
  5. Jika sudah klik tombil Kill untuk menghapus virus yang terdeteksi.
  6. Untuk pencegahan, silahkan sobat aktifkan proteksi dengan Stubborn Trojan Killer.

3. Factory Reset

Ini merupakan cara terkhir untuk dapat menghapus virus trojan yang sudah meyerang perangkat sobat. Factory Reset atau kembali pada setelan pabrik. Namun cara ini akan menghapus semua data tersimpan pada perangkat Android. Akan tetapi, dengan terhapusnya semua data yang ada, akan dapat menghapus virus trojan.

Sebelum melakukan factory reset, sobat perlu melakukan backup data penting agar tidak ikut terhapus. Jika sudah tersimpan barulah sobat mulai melakukan factory reset untuk dapat menghapus virus trojan.

Pencegahan Agar Tidak Terkena Virus Trojan

Mencegah merupakan cara yang paling efektif, karena jika sudah terjangkit belum tentu akan dapat pulih seperti semula. Dan tidak hanya itu, data yang sudah hilang akan sulit dikembalikan bahkan tidak akan dapat dikembalikan lagi.

Oleh karena itu, sebelum virus trojan menyerang, ada baiknya sobat melakukan pencegahan agar perangkat Android sobat tidak terkena dampaknya. Dan untuk pencegahannya sobat bisa melakukan seperti dibawah ini.

1. Gunakan Antivirus yang Mutahir

Menggunakan antivirus adalah cara terbaik untuk mencegah virus datang atau menyerang. Namun sobat juga harus memilih aplikasi antivirus yang mutahir atau yang paling dapat diandalkan untuk mencegah virus trojan. Sobat bisa mendapatkannya di Google Play Store.

2. Selalu Update Sistem Operasi

Terkadang banyak pengguna Android yang mengabaikan pembaruan pada sistem operasi. Padahal hal ini sangatlah penting, salah satunya untuk meningkatkan keamanan sistem yang lebih baik dari sebelumnya. Jadi segera lalukan update jika sudah tersedia pembaruan sistem operasi pada perangkat Android sobat.

3. Hati-hati Dalam Membuka Situs

Hati-hati dalam artian harus lebih pintar mengetahui mana situs yang baik atau jahat, yang mengandung virus trojan. Biasanya situs tersebut yang sering mengarahkan pengunjung ke suatu halaman tertentu. Jika demikian, sobat perlu waspada, karena bisa saja dalam halaman tersebut terdapat malware yang mengandung virus trojan.

4. Tidak Sembarang Download Aplikasi

Supaya lebih aman dari malware yang mengandung virus trojan, ada baiknya sobat selalu mendowload aplikasi dari layanan resmi Google Play Store supaya terjamin keamanannya. Yah, walaupun tidak 100% namun itu akan lebih baik dari pada mengunduh aplikasi dari luar.

5. Tidak Sembarang Menggunakan WiFi Publik

Hampir dimana-mana kita dapat menjumpai layanan wifi gratis, baik di kafe, restauran dan tempat lainnya. Namun sobat juga harus berhati-hati, karena wifi tersebut bisa saja telah di manfaatkan oleh peretas yang telah menyisipkan virus yang akan menyerang pengguna.

Jadi sebelum menggunakan wifi publik pastikan bahwa itu aman. Sobat dapat menggunakan aplikasi yang dapat melindungi perangkat, seperti wifi warden dan semacamnya.

Itulah dia informasi yang dapat mimin bagikan mengenai 8 Cara Menghapus Virus Trojan dan Pencegahannya di Android Terbaru. Semoga informasi yang telah mimin bagikan dapat bermanfaat buat sobat semua, terimakasih.

You May Also Like

About the Author: Pahlawan Bertopeng

Hanya seorang penulis yang masih amatiran, namun saya akan berusaha terus untuk menjadi lebih baik lagi. Dan semoga dengan apa yang saya tulis dapat bermanfaat bagi para pembaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!